• SDN GELARAN 2 KARANGMOJO
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

KISI-KISI SOAL ASAT 2023 PENJASORKES (KELAS 4)

No. Urut

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator Soal

Bentuk Soal (PG/Isian/Uraian)

No. Soal

Level Kognitif

3.5

Menganalisis prosedur berbagai aktivitas kebugaran jasmani melalui bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan,  dan kelincahan  untuk mencapai berat badan ideal.

Kebugaran jasmani

 

·       Peserta didik dapat menentukan salah satu unsur latihan  kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan secara tepat.

·       Peserta didik dapat menentukan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dengan baik.

·       Disajikan tabel tentang unsur-unsur kebugaran jasmani, peserta didik dapat menegaskan unsur-unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan gerak secara tepat.

·       Peserta didik dapat memahami istilah dari salah unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan gerak dengan benar.

·       Peserta didik dapat menentukan manfaat kebugaran jasmani selama melakukan kegiatan aktifitas latihan fisik secara tepat.

 

·       Peserta didik dapat menganalisa gerakan memutar lengan pada aktivitas latihan peregangan secara tepat.

·       Peserta didik dapat menerangkan tujuan utama latihan kebugaran jasmani secara tepat.

·       Disajikan tabel latihan kebugaran jasmani, peserta didik dapat mengkategorikan bentuk-bentuk aktifitas latihan yang berhubungan dengan daya tahan jantung dan paru-paru dengan benar.

·       Disajikan daftar bentuk-bentuk aktivitas latihan, peserta didik dapat menegaskan tujuan aktivitas latihan tersebut secara tepat.

·       Peserta didik dapat menentukan salah satu unsur aktifitas latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dengan benar.

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

PG

 

1

 

 

 

2

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

7

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

10

 

L2

 

 

 

L2

 

 

L2

 

 

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

L3

 

 

L1

 

 

L3

 

 

 

 

L3

 

 

L2

 

3.6

Memahami prosedur variasi dan kombinasi  berbagai pola gerak dasar dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah tempat/lokomotor,tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.

 

Senam lantai

·       Disajikan gambar aktivitas gerak, peserta didik dapat menunjukkan variasi gerak dalam gambar tersebut dengan benar.

·       Peserta didik dapat mengkasifikasikan jenis senam dengan benar.

·       Peserta didik dapat menganalisis tentang manfaat tolakan kaki dalam melakukan gerakan meloncat secara tepat.

·       Peserta didik dapat menerangkan gerak posisi tubuh saat berada di udara saat melakukan lompatan dengan benar.

·       Peserta didik dapat menganalisis posisi tubuh ketika berjalan melewati balok titian dengan benar.

·       Disajikan gambar gerakan senam, peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa jenis variasi gerak dominan pada gambar dengan benar

·       Peserta didik dapat menerangkan posisi badan yang benar saat melakukan gerakan guling belakang.

·       Disajikan pernyataan tentang gerakan guling depan, peserta didik dapat memperjelas urutan tahapan gerakan guling depan dengan awalan jongkok secara tepat.

·       Peserta didik dapat menentukan secara tepat bagian otot tubuh yang digunakan saat melakukan gerakan sikap kayang.

·       Peserta didik dapat mensimulasikan cara  melakukan gerakan guling depan dengan benar

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

PG

11

 

 

12

 

 

13

 

 

14

 

 

15

 

 

16

 

17

 

 

18

 

 

 

 

19

 

 

20

L2

 

 

L2

 

 

L3

 

 

L1

 

 

L3

 

 

L2

 

L1

 

 

L3

 

 

 

 

L2

 

 

L2

3.7

Menerapkan prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.

Senam Irama

·      Peserta didik memahami istilah senam yang dilakukan dengan iringan musik dengan benar.

·      Peserta didik dapat menentukan konsep gerakan dalam senam irama dengan benar.

·      Peserta didik dapat menentukan kombinasi gerakan dalam senam irama secara tepat.

·      Peserta didik dapat menentukan manfaat irama pengiring dalam aktifitas gerak berirama dengan tepat.

·      Peserta didik dapat menganalisis gerakan sikap tegak langkah kaki dalam senam irama dengan benar.

PG

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

21

 

 

22

 

23

 

24

 

 

25

L1

 

 

L2

 

L2

 

L2

 

 

L3

3.8

Memahami prosedur gerak dasar satu gaya renang.

Renang gaya bebas

·      Peserta didik dapat mengemukakan tujuan pengenalan air dalam renang dengan benar.

·      Disajikan tabel tahapan gerak dasar latihan renang, peserta didik dapat mengkategorikan beberapa jenis tahapan latihan dasar berenang dengan benar.

·      Peserta didik dapat menerangkan teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas dengan benar.

·      Peserta didik dapat menerapkan teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas dengan benar.

·      Peserta didik dapat menentukan posisi tubuh pada renang gaya bebas dengan benar.

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

26

 

 

27

 

 

 

28

 

29

 

 

30

L2

 

 

L3

 

 

 

L1

 

L2

 

 

L2

3.9

Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis-jenis cidera dan cara penanggulangannya

·      Peserta didik dapat mengemukakan beberapa hal penyebab cidera dalam olahraga dengan tepat.

·      Peserta didik dapat menentukan cara yang tepat dalam menangani luka dengan benar

·      Peserta didik dapat menentukan upaya dan penanggulangan yang tepat untuk meminimalisir terjadinya cidera saat beraktifitas.

·      Peserta didik dapat memahami pengertian dari salah satu jenis cidera dengan benar.

·      Disajikan tabel tentang macam-macam cidera, Peserta didik dapat mengkategorikan jenis-jenis cidera tersebut dengan tepat.

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

PG

31

 

 

32

 

 

33

 

 

 

34

 

35

L2

 

 

L2

 

 

L2

 

 

 

L1

 

L3

 

3.10

Menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari  (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda)

 

Perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari 

·      Peserta didik dapat menentukan salah satu perilaku perilaku terpuji dengan benar.

·      Peserta didik dapat menerapkan perilaku terpuji dengan teman sebaya dengan baik.

·      Peserta didik dapat menerapkan perilaku terpuji kepada orang yang lebih muda dengan baik.

·      Peserta didik dapat menentukan sikap dalam menghargai dan menghormati guru dengan benar.

·      Peserta didik dapat menegaskan tentang sikap dan perilaku perilaku  terpuji kepada orang tua secara tepat.

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

36

 

37

 

38

 

 

39

 

 

40

L2

 

L2

 

L2

 

 

L2

 

 

L3

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 6 2023 - K13

KISI-KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN 2023/2024               Jenjang Sekolah : SD

28/11/2023 11:17 - Oleh Administrator - Dilihat 433 kali
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 5 2023 - K13

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN  PELAJARAN  2023 – 2024   Mata Pelajaran           &n

28/11/2023 11:17 - Oleh Administrator - Dilihat 379 kali
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 4 2023 - Kumer

KISI-KISI SOAL ASESMEN AKHIR SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI  KELAS IV (EMPAT) TAHUN 2023/2024 No Tujuan pembelajaran Mater

28/11/2023 11:15 - Oleh Administrator - Dilihat 420 kali
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 3 2023 - K13

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI  TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KELAS III ( TIGA ) NO KOMPETENSI DASAR

28/11/2023 11:13 - Oleh Administrator - Dilihat 409 kali
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 2 2023 - K13

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024   Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jumlah Soal : 25 Soal &

28/11/2023 11:12 - Oleh Administrator - Dilihat 398 kali
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 1 2023 - Kumer

ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER I PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI  TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KELAS I ( SATU ) NO TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI INDI

28/11/2023 11:11 - Oleh Administrator - Dilihat 336 kali
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 9 NASKAH 2 (KELAS 5)

No Kompetensi Dasar Indikator Soal Bentuk Soal No. Urut Soal 1.   Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)      

31/05/2023 13:21 - Oleh Administrator - Dilihat 771 kali
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 9 NASKAH 1 (KELAS 5)

NO MUATAN KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NOMOR SOAL SKOR 1 PPKN 3.4 Menggali manfaat persatuan da

31/05/2023 13:19 - Oleh Administrator - Dilihat 558 kali
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 8 NASKAH 2 (KELAS 5)

KD MATERI INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NO SOAL MUATAN I P S 3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat

31/05/2023 13:18 - Oleh Administrator - Dilihat 598 kali
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 8 NASKAH 1 (KELAS 5)

No. Kompetensi Dasar Materi Pelajaran Indikator Soal Bentuk Soal PG/Isian/Uraian No Soal 1. 3.3  Menelaah keberagaman   sos

31/05/2023 13:17 - Oleh Administrator - Dilihat 787 kali