KISI-KISI SOAL ASAT 2023 PENJASORKES (KELAS 4)
No. Urut |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Indikator Soal |
Bentuk Soal (PG/Isian/Uraian) |
No. Soal |
Level Kognitif |
3.5 |
Menganalisis prosedur berbagai aktivitas kebugaran jasmani melalui bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal. |
Kebugaran jasmani
|
· Peserta didik dapat menentukan salah satu unsur latihan kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan secara tepat. · Peserta didik dapat menentukan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesegaran jasmani dengan baik. · Disajikan tabel tentang unsur-unsur kebugaran jasmani, peserta didik dapat menegaskan unsur-unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan gerak secara tepat. · Peserta didik dapat memahami istilah dari salah unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan gerak dengan benar. · Peserta didik dapat menentukan manfaat kebugaran jasmani selama melakukan kegiatan aktifitas latihan fisik secara tepat.
· Peserta didik dapat menganalisa gerakan memutar lengan pada aktivitas latihan peregangan secara tepat. · Peserta didik dapat menerangkan tujuan utama latihan kebugaran jasmani secara tepat. · Disajikan tabel latihan kebugaran jasmani, peserta didik dapat mengkategorikan bentuk-bentuk aktifitas latihan yang berhubungan dengan daya tahan jantung dan paru-paru dengan benar. · Disajikan daftar bentuk-bentuk aktivitas latihan, peserta didik dapat menegaskan tujuan aktivitas latihan tersebut secara tepat. · Peserta didik dapat menentukan salah satu unsur aktifitas latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dengan benar. |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
L2
L2
L2
L1
L2
L3
L1
L3
L3
L2
|
3.6 |
Memahami prosedur variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah tempat/lokomotor,tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
|
Senam lantai |
· Disajikan gambar aktivitas gerak, peserta didik dapat menunjukkan variasi gerak dalam gambar tersebut dengan benar. · Peserta didik dapat mengkasifikasikan jenis senam dengan benar. · Peserta didik dapat menganalisis tentang manfaat tolakan kaki dalam melakukan gerakan meloncat secara tepat. · Peserta didik dapat menerangkan gerak posisi tubuh saat berada di udara saat melakukan lompatan dengan benar. · Peserta didik dapat menganalisis posisi tubuh ketika berjalan melewati balok titian dengan benar. · Disajikan gambar gerakan senam, peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa jenis variasi gerak dominan pada gambar dengan benar · Peserta didik dapat menerangkan posisi badan yang benar saat melakukan gerakan guling belakang. · Disajikan pernyataan tentang gerakan guling depan, peserta didik dapat memperjelas urutan tahapan gerakan guling depan dengan awalan jongkok secara tepat. · Peserta didik dapat menentukan secara tepat bagian otot tubuh yang digunakan saat melakukan gerakan sikap kayang. · Peserta didik dapat mensimulasikan cara melakukan gerakan guling depan dengan benar |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG |
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20 |
L2
L2
L3
L1
L3
L2
L1
L3
L2
L2 |
3.7 |
Menerapkan prosedur variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. |
Senam Irama |
· Peserta didik memahami istilah senam yang dilakukan dengan iringan musik dengan benar. · Peserta didik dapat menentukan konsep gerakan dalam senam irama dengan benar. · Peserta didik dapat menentukan kombinasi gerakan dalam senam irama secara tepat. · Peserta didik dapat menentukan manfaat irama pengiring dalam aktifitas gerak berirama dengan tepat. · Peserta didik dapat menganalisis gerakan sikap tegak langkah kaki dalam senam irama dengan benar. |
PG
PG
PG
PG
PG |
21
22
23
24
25 |
L1
L2
L2
L2
L3 |
3.8 |
Memahami prosedur gerak dasar satu gaya renang. |
Renang gaya bebas |
· Peserta didik dapat mengemukakan tujuan pengenalan air dalam renang dengan benar. · Disajikan tabel tahapan gerak dasar latihan renang, peserta didik dapat mengkategorikan beberapa jenis tahapan latihan dasar berenang dengan benar. · Peserta didik dapat menerangkan teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas dengan benar. · Peserta didik dapat menerapkan teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas dengan benar. · Peserta didik dapat menentukan posisi tubuh pada renang gaya bebas dengan benar. |
PG
PG
PG
PG
PG
|
26
27
28
29
30 |
L2
L3
L1
L2
L2 |
3.9 |
Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari. |
Jenis-jenis cidera dan cara penanggulangannya |
· Peserta didik dapat mengemukakan beberapa hal penyebab cidera dalam olahraga dengan tepat. · Peserta didik dapat menentukan cara yang tepat dalam menangani luka dengan benar · Peserta didik dapat menentukan upaya dan penanggulangan yang tepat untuk meminimalisir terjadinya cidera saat beraktifitas. · Peserta didik dapat memahami pengertian dari salah satu jenis cidera dengan benar. · Disajikan tabel tentang macam-macam cidera, Peserta didik dapat mengkategorikan jenis-jenis cidera tersebut dengan tepat. |
PG
PG
PG
PG
PG |
31
32
33
34
35 |
L2
L2
L2
L1
L3
|
3.10 |
Menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda)
|
Perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari |
· Peserta didik dapat menentukan salah satu perilaku perilaku terpuji dengan benar. · Peserta didik dapat menerapkan perilaku terpuji dengan teman sebaya dengan baik. · Peserta didik dapat menerapkan perilaku terpuji kepada orang yang lebih muda dengan baik. · Peserta didik dapat menentukan sikap dalam menghargai dan menghormati guru dengan benar. · Peserta didik dapat menegaskan tentang sikap dan perilaku perilaku terpuji kepada orang tua secara tepat. |
PG
PG
PG
PG
PG |
36
37
38
39
40 |
L2
L2
L2
L2
L3 |
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 6 2023 - K13
KISI-KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Jenjang Sekolah : SD
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 5 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023 – 2024 Mata Pelajaran &n
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 4 2023 - Kumer
KISI-KISI SOAL ASESMEN AKHIR SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV (EMPAT) TAHUN 2023/2024 No Tujuan pembelajaran Mater
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 3 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KELAS III ( TIGA ) NO KOMPETENSI DASAR
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 2 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jumlah Soal : 25 Soal &
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 1 2023 - Kumer
ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER I PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KELAS I ( SATU ) NO TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI INDI
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 9 NASKAH 2 (KELAS 5)
No Kompetensi Dasar Indikator Soal Bentuk Soal No. Urut Soal 1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 9 NASKAH 1 (KELAS 5)
NO MUATAN KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NOMOR SOAL SKOR 1 PPKN 3.4 Menggali manfaat persatuan da
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 8 NASKAH 2 (KELAS 5)
KD MATERI INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NO SOAL MUATAN I P S 3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 8 NASKAH 1 (KELAS 5)
No. Kompetensi Dasar Materi Pelajaran Indikator Soal Bentuk Soal PG/Isian/Uraian No Soal 1. 3.3 Menelaah keberagaman sos