
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 6 NASKAH 2 (KELAS 5)
Muatan |
Kompetensi Dasar ( KD ) |
Indikator |
Bentuk Soal |
No. Soal |
IPA |
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
1. Peserta didik dapat menentukan sumebr energi panas dengan tepat
|
PG |
1 |
2. Disajikan sebuah kalimat pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan tujuan pembuatan bingkai jendela lebih lebar dari ukuran kaca dengan tepat
|
PG |
2 |
||
3. Disajikan tabel nama benda, peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda yang dapat memuai dan menyusut dengan benar
|
PG |
3 |
||
4. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menganalisis penyebab gelas pecah dengan tepat.
|
PG |
4 |
||
5. Disajikan sebuah gambar thermometer, peserta didik dapat menjelaskan kegunaannya dengan tepat
|
PG |
5 |
||
6. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari konduksi dengan benar.
|
PG |
6 |
||
7. Disajikan sebuah gambar tentang peristiwa perpindahan panas, peserta didik dapat menentukan peristiwa perpindahan panas secara konduksi dengan benar.
|
PG |
7 |
||
8. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari perpindahan panas secara konveksi dengan benar.
|
PG |
8 |
||
9. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari perpindahan panas secara radiasi dengan benar
|
PG |
9 |
||
10. Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda konduktor dengan benar
|
PG |
10 |
||
|
|
11. Disajikan tabel tentang peristiwa perpindahan panas, peserta didik dapat menunjukkan peristiwa perpindahan panas secara konveksi dengan benar
|
PG |
11 |
12. Disajikan sebuah gambar setrika, peserta didik dapat menentukan bagian isolator dengan tepat
|
PG |
12 |
||
13. Disajikan kalimat pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis benda isolator dengan tepat
|
PG |
13 |
||
14. Disajikan sebuah gambar benda dari berbagai jenis bahan, peserta didik dapat menentukan benda konduktor dengan tepat
|
PG |
14 |
||
IPS |
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia |
1. Peserta didik dapat menentukan jenis interaksi manusia yang memanfaatkan alam dengan benar
|
PG |
15 |
2. Peserta didik dapat menentukan manfaat dari hasil interaksi manusia dan lingkungan alam dengan tepat
|
PG |
16
|
||
3. Disajikan pernyataan tentang interaksi manusia dengan alam, peserta didik dapat menentukan interaksi positif manusia dengan alam
|
PG |
17 |
||
4. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial dengan benar
|
PG |
18 |
||
5. Peserta didik dapat menentukan interaksi manusia terhadap alam yang berdampak positif dengan tepat
|
PG |
19 |
||
6. Peserta didik dapat menentukan jenis mata pencaharian masyarakat berdasarkan lokasi tempat tinggalnya dengan benar.
|
PG |
20 |
||
7. Peserta didik dapat menentukan bentuk interaksi manusia dengan alam yang berdampak negatif dengan benar.
|
PG |
21 |
||
8. Peserta didik dapat menentukan nama tradisi adat penangkapan ikan masyarakat di Sulawesi Utara dengan benar.
|
PG |
22 |
||
9. Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari kegiatan dalam cerita di bidang sosial dengan tepat Peserta didik menjelaskan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dengan tepat
|
PG |
23 |
||
10. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan seseorang melakukan kegiatan ekonomi dengan tepat
|
PG |
24 |
||
|
|
11. Peserta didik dapat menjelaskan peran juru lelang dalam proses pelelangan ikan.
|
PG |
25 |
12. Peserta didik dapat menjelaskan tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam proses pelelangan ikan dengan benar.
|
PG |
26 |
||
13. Peserta didik dapat mengidentifikasi tempat tinggal masyarakat berdasarkan jenis tanaman / mata pencaharian dengan benar
|
PG |
27 |
||
14. Peserta didik menjelaskan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dengan tepat
|
PG |
28 |
||
SBdP |
3.2 Memahami tangga nada |
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari tangga nada dengan benar.
|
PG |
29 |
2. Peserta didik dapat menentukan jenis tangga nada berdasarkan jumlah nada pokok yang ada pada sebuah lagu dengan benar.
|
PG |
30 |
||
3. Peserta didik dapat menyebutkan nada-nada dalam tangga nada Slendro dengan tepat |
PG |
31 |
||
4. Peserta didik dapat menentukan jenis tangga nada sebuah lagu daerah jawa tengah dengan benar
|
PG |
32 |
||
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi |
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pola lantai dengan benar
|
PG |
33 |
|
2. Peserta didik dapat menentukan jenis-jenis pola lantai dengan benar
|
PG |
34 |
||
3. Disajikan gambar penari kelompok, peserta didik dapat menentukan jenis pola lantai yang digunakan dengan tepat
|
PG |
35 |
||
4. Peserta didik dapat menyebutkan nama sebuah tarian daerah dengan benar
|
PG |
36 |
||
3.1 Memahami gambar cerita |
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gambar cerita.
|
PG |
37 |
|
2. Peserta didik dapat menentukan media basah yang biasa digunakan untuk membuat gambar cerita.
|
PG |
38 |
||
3. Disajikan sebuah gambar pemandangan, peserta didik dapat menentukan teknik yang digunakan untuk mengggambar dengan tepat
|
PG |
39 |
||
4. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian teknik blok.
|
PG |
40 |
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
27 Siswa SDN Gelaran II Diserahkan Ke Orangtua
Hari ini 27 Siswa SDN Gelaran II diserahkan ke orangtua wali. Bertepatan dengan tangga 17/6/2025 Sekolah bekerjasama degan Paguyuban Orangtua Siswa Kelas VI menggelar acara kelulusan si
Sebelum ASAT Siswa Gelar Resik-Resik Lingkungan Sekolah
Sebelum mengerjakan Asesmen Sumatif Akhir Tahun 2024/2025 siswa gelar resik-resik lingkungan Sekolah. Mereka membersihkan dalam kelas masing-masing, kamar mandi, jalan depan sekolah dan
Siswa Kelas VI SDN Gelaran II Lulus 100%
Senin 2 Juni 2025 SDN Gelaran II mengumumkan kelulusan bagi sisa kelas VI tahun Pelajaran 2024/2025. Terlihat bapak dan ibu wali siswa diundang guna sekolah menyampaikan pengumuman kel
DAFTAR CALON MURID BARU TAHUN 2025/2026
NO No. Daftar Hasil Seleksi Nama Lengkap Status L/P 1 2025000001 Diterima Sakha Binsar Adipa Indent L 2 2025000005 Diterima Muhammad Ali Al - Kahfi Indent
Nazula Memperoleh Medali Perak di Ajang POPDA DIY 2025
Siswa SDN Gelaran II Karangmojo atas nama Nazula Azilia Zahra (Siswa Kelas 6) memperoleh Medali Perak di ajang kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2025 Daerah Istimewa Yogya
TO ASPD Hari Kedua, SDN Gelaran II Mendapat Monitoring Pengawas TK/SD
Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kom
Sejumlah Siswa SDN Gelaran II Mengikuti Seleksi Porda Kabupaten Gunungkidul
Sejumlah Siswa SDN Gelaran II Karangmojo mengikuti seleksi Pekan Olahraga Tingkat Daerah Kabupaten Gunungkidul tahun 2025. Mereka diantaranya adalah sebagai berikut Cira mengikuti c
Kapolsek Karangmojo Jadi Pembina Upacara Hari Senin di SDN Gelaran II
Kapolsek Karangmojo AKP Anang Prastawa, SH melaksanakan kunjungan dan menjadi Pembina Upacara Bendera di sekolah SD Negeri Gelaran II Karangmojo, Senin (21/04/2025). Dalam