
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 6 NASKAH 2 (KELAS 5)
Muatan |
Kompetensi Dasar ( KD ) |
Indikator |
Bentuk Soal |
No. Soal |
IPA |
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
1. Peserta didik dapat menentukan sumebr energi panas dengan tepat
|
PG |
1 |
2. Disajikan sebuah kalimat pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan tujuan pembuatan bingkai jendela lebih lebar dari ukuran kaca dengan tepat
|
PG |
2 |
||
3. Disajikan tabel nama benda, peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda yang dapat memuai dan menyusut dengan benar
|
PG |
3 |
||
4. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menganalisis penyebab gelas pecah dengan tepat.
|
PG |
4 |
||
5. Disajikan sebuah gambar thermometer, peserta didik dapat menjelaskan kegunaannya dengan tepat
|
PG |
5 |
||
6. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari konduksi dengan benar.
|
PG |
6 |
||
7. Disajikan sebuah gambar tentang peristiwa perpindahan panas, peserta didik dapat menentukan peristiwa perpindahan panas secara konduksi dengan benar.
|
PG |
7 |
||
8. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari perpindahan panas secara konveksi dengan benar.
|
PG |
8 |
||
9. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari perpindahan panas secara radiasi dengan benar
|
PG |
9 |
||
10. Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda konduktor dengan benar
|
PG |
10 |
||
|
|
11. Disajikan tabel tentang peristiwa perpindahan panas, peserta didik dapat menunjukkan peristiwa perpindahan panas secara konveksi dengan benar
|
PG |
11 |
12. Disajikan sebuah gambar setrika, peserta didik dapat menentukan bagian isolator dengan tepat
|
PG |
12 |
||
13. Disajikan kalimat pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis benda isolator dengan tepat
|
PG |
13 |
||
14. Disajikan sebuah gambar benda dari berbagai jenis bahan, peserta didik dapat menentukan benda konduktor dengan tepat
|
PG |
14 |
||
IPS |
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia |
1. Peserta didik dapat menentukan jenis interaksi manusia yang memanfaatkan alam dengan benar
|
PG |
15 |
2. Peserta didik dapat menentukan manfaat dari hasil interaksi manusia dan lingkungan alam dengan tepat
|
PG |
16
|
||
3. Disajikan pernyataan tentang interaksi manusia dengan alam, peserta didik dapat menentukan interaksi positif manusia dengan alam
|
PG |
17 |
||
4. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial dengan benar
|
PG |
18 |
||
5. Peserta didik dapat menentukan interaksi manusia terhadap alam yang berdampak positif dengan tepat
|
PG |
19 |
||
6. Peserta didik dapat menentukan jenis mata pencaharian masyarakat berdasarkan lokasi tempat tinggalnya dengan benar.
|
PG |
20 |
||
7. Peserta didik dapat menentukan bentuk interaksi manusia dengan alam yang berdampak negatif dengan benar.
|
PG |
21 |
||
8. Peserta didik dapat menentukan nama tradisi adat penangkapan ikan masyarakat di Sulawesi Utara dengan benar.
|
PG |
22 |
||
9. Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat menjelaskan manfaat dari kegiatan dalam cerita di bidang sosial dengan tepat Peserta didik menjelaskan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dengan tepat
|
PG |
23 |
||
10. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan seseorang melakukan kegiatan ekonomi dengan tepat
|
PG |
24 |
||
|
|
11. Peserta didik dapat menjelaskan peran juru lelang dalam proses pelelangan ikan.
|
PG |
25 |
12. Peserta didik dapat menjelaskan tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam proses pelelangan ikan dengan benar.
|
PG |
26 |
||
13. Peserta didik dapat mengidentifikasi tempat tinggal masyarakat berdasarkan jenis tanaman / mata pencaharian dengan benar
|
PG |
27 |
||
14. Peserta didik menjelaskan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dengan tepat
|
PG |
28 |
||
SBdP |
3.2 Memahami tangga nada |
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari tangga nada dengan benar.
|
PG |
29 |
2. Peserta didik dapat menentukan jenis tangga nada berdasarkan jumlah nada pokok yang ada pada sebuah lagu dengan benar.
|
PG |
30 |
||
3. Peserta didik dapat menyebutkan nada-nada dalam tangga nada Slendro dengan tepat |
PG |
31 |
||
4. Peserta didik dapat menentukan jenis tangga nada sebuah lagu daerah jawa tengah dengan benar
|
PG |
32 |
||
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi |
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pola lantai dengan benar
|
PG |
33 |
|
2. Peserta didik dapat menentukan jenis-jenis pola lantai dengan benar
|
PG |
34 |
||
3. Disajikan gambar penari kelompok, peserta didik dapat menentukan jenis pola lantai yang digunakan dengan tepat
|
PG |
35 |
||
4. Peserta didik dapat menyebutkan nama sebuah tarian daerah dengan benar
|
PG |
36 |
||
3.1 Memahami gambar cerita |
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gambar cerita.
|
PG |
37 |
|
2. Peserta didik dapat menentukan media basah yang biasa digunakan untuk membuat gambar cerita.
|
PG |
38 |
||
3. Disajikan sebuah gambar pemandangan, peserta didik dapat menentukan teknik yang digunakan untuk mengggambar dengan tepat
|
PG |
39 |
||
4. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian teknik blok.
|
PG |
40 |
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
TO ASPD Hari Kedua, SDN Gelaran II Mendapat Monitoring Pengawas TK/SD
Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kom
Sejumlah Siswa SDN Gelaran II Mengikuti Seleksi Porda Kabupaten Gunungkidul
Sejumlah Siswa SDN Gelaran II Karangmojo mengikuti seleksi Pekan Olahraga Tingkat Daerah Kabupaten Gunungkidul tahun 2025. Mereka diantaranya adalah sebagai berikut Cira mengikuti c
Kapolsek Karangmojo Jadi Pembina Upacara Hari Senin di SDN Gelaran II
Kapolsek Karangmojo AKP Anang Prastawa, SH melaksanakan kunjungan dan menjadi Pembina Upacara Bendera di sekolah SD Negeri Gelaran II Karangmojo, Senin (21/04/2025). Dalam
Materi Ujian Praktik Bahasa Jawa
Pada kesempatan tahun pelajaran 2024/2025 ini siswa-siswi kelas 6 SDN Gelaran II akan melaksanakan Ujian Praktik Bahasa Jawa. Materinya tentang Lagu Dolanan dan Pidhato Bahasa Jawa. As
Guru Se Kapanewon Karangmojo GeeeeeRrr bersama Setyawan Tiada Tara
Dalam rangka menyambut HUT PGRI ke-79 mengadakan Seminar dan Motivasi Guru TK, SD, SMP dan SMA se Karangmojo. Kegiatan dilaksanakan hari ini Selasa 19 November 2024 di Gor SMA 1 Karangm
Siswa Kelas 5 SD Negeri Gelaran II Karangmojo Melaksanakan ANBK 2024 Dengan Lancar Dan Sukses
Hari ini, siswa kelas 5 SDN Gelaran II Karangmojo telah menyelesaikan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024 dengan lancar. ANBK yang dijadwalkan oleh SDN Gelaran II adalah gelo
Hari ini Pak Purwanta Pamitan Purna Tugas
Hari ini 30/08/2024 Kepala Sekolah SDN Gelaran II Karangmojo bapak Purwanta, S. Pd memasuki Purna Tugas. Per 1 September 2024 sudah tidak menjadi ASN di SDN Gelaran II. Bapak Purwanta b
Hari Ini Siswa SDN Gelaran II Ikut Imunisasi Polio
(Pekan Imunisasi Nasional) merupakan pekan pemberian imunisasi polio guna mencegah dan memutus rantai virus penyakit polio yang mengakibatkan lumpuh layu pada anak. Pada hari Senin (29/
Pentingnya PIN Polio Untuk Mencegah KLB
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI masih menerima laporan terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat virus Polio di sejumlah wilayah di Indonesia. Sebanyak 32 Provinsi dan 399 kabupaten/