• SDN GELARAN 2 KARANGMOJO
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Jokowi Larang Sekolah Minta Ortu Teken Surat Tanggung Risiko Vaksin Anak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang pihak sekolah meminta orang tua menandatangani surat kesediaan menanggung risiko setelah vaksinasi anak. Arahan Jokowi itu disampaikan Kantor Staf Presiden (KSP).
Arahan itu sekaligus menanggapi beredarnya surat kesediaan vaksin dan menanggung risiko pasca-vaksin anak yang diterima orang tua atau wali murid. KSP selanjutnya akan berkoordinasi dengan Kemendikbud-Ristek untuk membahas hal ini.

"Presiden memerintahkan jangan ada lagi sekolah yang meminta tanda tangan orang tua/wali murid yang menyatakan sekolah tidak bertanggung jawab bila terjadi hal-hal tertentu akibat vaksin anak," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo dalam keterangan tertulis, Senin (17/1/2022).

Jokowi disebut menyampaikan arahan tersebut setelah mendengar laporan dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko soal keluhan masyarakat terkait surat pernyataan kesediaan vaksin. Di dalam surat itu disebutkan, segala risiko pasca-vaksin ditanggung oleh orang tua/wali murid.

"KSP menerima keluhan itu, intinya masyarakat menilai surat pernyataan yang diberikan sekolah bentuk pemaksaan. Karena itu, kemarin (Minggu, 16/1) dalam ratas, bapak KaStaf melaporkannya ke Presiden, dan langsung mendapat respons," ujar Abraham.

Abraham menegaskan penanganan gejala pasca-vaksin anak sepenuhnya tanggung jawab negara, termasuk soal biaya. Untuk peserta JKN ditanggung BPJS, dan non-JKN ditanggung APBN.

Sampai saat ini, lanjut Abraham, Komnas KIPI belum menerima laporan adanya gejala pasca-vaksin yang berujung pada kematian. Namun bila ditemukan, dia berharap pihak terkait melapor ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

"Bila ada temuan, orang tua/wali diharapkan melapor ke puskesmas atau RS terdekat," ujar Abraham.

Sumber : detik.com

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Workshop Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan TA. 2022/2023

Pada persiapan menghadapi tahun ajaran baru 2022/2023 SD Gelaran II mengadakan workshop penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dimana kurikulum pada tahun ajaran baru ini m

05/07/2022 08:58 - Oleh Administrator - Dilihat 74 kali
Sosialisasi Penilaian Kinerja Guru Tahun 2022

Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian dari setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Penilaian ini dilakukan melalui pengamatan

26/01/2022 12:24 - Oleh Administrator - Dilihat 240 kali
Sasar 1.065 Siswa, Vaksinasi Perdana Usia 6-11 di Gunungkidul Digelar Jumat

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul terus mendata pelajar berusia 6-11 tahun untuk mengikuti vaksinasi corona. Total hingga Rabu (15/11) siang ada 1.065 siswa di Kapanewon

24/01/2022 11:05 - Oleh Administrator - Dilihat 184 kali
Vaksinasi pada Peserta Didik untuk Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Salah satu upaya pemerintah mengurangi learning loss pada peserta didik akibat pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Tentu saja pelaksan

24/01/2022 11:04 - Oleh Administrator - Dilihat 185 kali