
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 BAHASA JAWA (KELAS 1)
KISI – KISI PENULISAN SOAL ASESMEN AKHIR TAHUN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN GUNUNGKIDUL
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas : I
Acuan : Kurikulum 2013
Jumlah Soal : 35
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No. |
Kl/Sm |
Kompetensi Dasar |
Jumlah Soal |
Indikator |
No. Soal |
Bentuk Soal |
|
1. |
I/2 |
3.1 Memahami teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra |
9 |
1. Disajikan pilihan jawaban berupa gambar,siswa dapat menyebutkan yang termasuk pancaindera dengan benar. |
1 |
PG |
|
2. Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan fungsi panca indera hidung dengan benar. |
2 |
PG |
|||||
3. Disajikan pernyataan tentanag cara menjaga kesehatan pancaindera telinga, siswa dapat memilih jawaban yang tersedia. |
3 |
PG |
|||||
4. Disajikan pernyataan tentang penyakit hidung, siswa dapat menyebutkan nama penyakit hidung dengan memilih jawaban yang tersedia dengan benar. |
4 |
PG |
|||||
5. Disajikan pernyataan tentang cara menjaga kesehatan mata, siswa dapat menyebutkan dengan memilih jawaban yang tersedia. |
5 |
PG |
|||||
6. Siswa dapat menyebutkan cara menjaga kesehatan kulit dengan memilih jawaban yang tersedia. |
6 |
PG |
|||||
7. Disajikan pernyataan dan pilihan gambar tentang kegunaan pancaindera lidah, siswa dapat memilih jawaban yang tersedia dengan benar. |
7 |
PG |
|||||
8. Disajikan gambar tentang panca indera telinga, siswa dapat menyebutkan “basa kramane” dengan memilih jawaban yang tersedia dengan benar. |
8 |
PG |
|||||
9. Disajikan cangkriman, siswa dapat menentukan “batangane” (artinya) dengan memilih jawaban yang tersedia. |
9 |
PG |
|||||
|
|||||||
|
|||||||
2. |
I/2 |
3.2 Memahami dongeng hewan, tembang dolanan, dan permainan tradisional |
9 |
10. Disajikan gambar bocah dolanan pasaran, siswa dapat menyebutkan permainan apa yang mereka lakukan dengan memilih jawaban yang tersedia. |
10 |
PG |
|
11. Disajikan penggalan bacaan “ Padhang Rembulan” siswa dapat menyebutkan tempat anak-anak bermain dengan memilih jawaban yang tersedia. |
11 |
PG |
|||||
12. Disajikan kalimat Bima dan teman – temannya sedang bermain jamuran, siswa dapat menyebutkan nama permainan dengan benar dengan cara memilih gambar. |
12 |
PG |
|||||
13. Disajikan penggalan tembang “Cublak cublak suweng” siswa dapat menjawab tembang ini digunakan untuk permainan apa, dengan memilih jawaban yang tersedia. |
13 |
PG |
|||||
14. Disajikan gambar anak bermain egrang serta pernyataan tentang dolanan egrang, siswa dapat menyebutkan nama permainan itu dengan benar. |
14 |
PG |
|||||
15. Disajikan pernyataan tentang permainan dhakon, siswa dapat menyebutkan nama permainan dengan memilih jawaban yang tersedia |
15 |
PG |
|||||
16. Siswa dapat menyebutkan alat yang digunakan dalam permainan yeye dengan memilih jawaban yang tersedia. |
16 |
PG |
|||||
17. Disajikan gambar permainan tradisioanal “kitiran”, siswa dapat dapat menyebutkan nama permainan dengan memilih jawaban yang tersedia. |
17 |
PG |
|||||
18. Disajikan gambar anak menunjukkan alat permainan dhakon, siswa dapat menentukan kalimat yang benar dengan memilih jawaban yang tersedia. |
18 |
|
|||||
|
|||||||
|
|||||||
|
|||||||
3. |
I/2 |
3.3 Memahami wayang (Punakawan) dan silsilah keluarga |
8 |
19. Disajikan teks tembang “Wiwit Aku Isih Bayi” untuk menjawab pertanyaan pada nomor 19 dan 20. Disajikan teks tembang “Wiwit Aku Isih Bayi” siswa dapat menyebutkan arti kata “ngopeni” dengan memilih jawaban yang tersedia. |
19 |
PG |
|
20. Disajikan teks tembang “Wiwit Aku Isih Bayi” siswa dapat menyebutkan arti kata “gemati” dengan memilih jawaban yang tersedia. |
20 |
PG |
|||||
21. Disajikan bagan silsilah keluarga Bima. Untuk menjawab pertanyaan pada nomor 21, 22 dan 23. Disajikan bagan silsilah keluarga Bima, siswa dapat menyebutkan kedudukan pak Budiman dalam keluarga Bima dengan memilih jawaban yang tersedia. |
21 |
PG |
|||||
22. Siswa dapat menyebutkan nama anak perempuan dalam silsilah keluarga Bima dengan memilih jawaban yang tersedia. |
22 |
PG |
|||||
23. Siswa dapat menyebutkan kedudukan Bu Astuti dalam keluarga Bima dengan memilih jawaban yang tersedia. |
23 |
PG |
|||||
24. Disajikan pernyataan tentang anggota keluarga yang lain, siswa dapat menyebutkan sebutan kakak perempuan dari bapak atau ibu dengan memilih jawaban yang tersedia. |
24 |
PG |
|||||
25. Siswa dapat menyebutkan sebutan adik perempuan dari ayah atau ibu dalam silsilah keluarga dengan memilih jawaban yang tersedia |
25 |
PG |
|||||
|
|
|
|
26. Disajikan pernyataan tentang keluarga Banu dan Niken dengan menggunakan basa ngoko. Siswa dapat membuat kalimat dengan basa krama dengan memilih jawaban yang tersedia. |
26 |
PG |
|
|
|||||||
|
|||||||
4 |
I/2 |
3.4. Memahami unggah-ungguh basa untuk memperkenalkan diri dan menanyakan sesuatu kepada orang lain |
9 |
27. Disajikan kalimat dalam basa krama, siswa dapat menyebutkan arti kata (tegese) kata “nyuwun pirsa” dengan memilih jawaban yang tersedia. |
27 |
PG |
|
28. Disajikan kalimat dalam basa krama, siswa dapat menyebutkan arti kata (tegese) kata “dhawuh” Dengan memilih jawaban yang tersedia. |
28 |
PG |
|||||
29. Disajikan percakapan antara Bima dan Banu. Siswa dapat menyebutkan kata tanya “ kapan” dengan memilih jawaban yang tersedia. |
29 |
PG |
|||||
30. Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat menentukan kalimat dengan urutan yang benar dengan memilih jawaban yang tersedia. |
30 |
PG |
|||||
31. Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan kata tanya yang tepat untuk menanyakan tentang nama barang, dengan memilih jawaban yang tersedia. |
31 |
PG |
|||||
32. Disediakan gambar buku, siswa dapat melengkapi kalimat rumpang tentang jumlah menggunakan kata yang tepat dengan bahasa krama dengan memilih jawaban yang tersedia. |
32 |
PG |
|||||
33. Disajikan gambar telur, siswa dapat melengkapi kalimat rumpang tentang basa krama telur dengan kata yang tepat dengan memilih jawaban yang tersedia. |
33 |
PG |
|||||
34. Disediakan gambar seorang guru, siswa dapat melengkapi kalimat tanya menggunakan kata tanya yang tepat dengan bahasa krama dengan memilih jawaban yang tersedia. |
34 |
PG |
|||||
|
|
|
|
35. Disajikan kalimat dalam basa jawa ngoko, siswa dapat mengubah ke dalam bahasa krama yang benar dengan memilih jawaban yang tersedia. |
35 |
PG |
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 6 2023 - K13
KISI-KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Jenjang Sekolah : SD
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 5 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023 – 2024 Mata Pelajaran &n
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 4 2023 - Kumer
KISI-KISI SOAL ASESMEN AKHIR SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV (EMPAT) TAHUN 2023/2024 No Tujuan pembelajaran Mater
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 3 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KELAS III ( TIGA ) NO KOMPETENSI DASAR
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 2 2023 - K13
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jumlah Soal : 25 Soal &
Kisi-Kisi Soal ASAS PAI Kelas 1 2023 - Kumer
ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER I PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KELAS I ( SATU ) NO TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI INDI
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 9 NASKAH 2 (KELAS 5)
No Kompetensi Dasar Indikator Soal Bentuk Soal No. Urut Soal 1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 9 NASKAH 1 (KELAS 5)
NO MUATAN KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NOMOR SOAL SKOR 1 PPKN 3.4 Menggali manfaat persatuan da
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 8 NASKAH 2 (KELAS 5)
KD MATERI INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NO SOAL MUATAN I P S 3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat
KISI-KISI SOAL ASAT 2023 TEMA 8 NASKAH 1 (KELAS 5)
No. Kompetensi Dasar Materi Pelajaran Indikator Soal Bentuk Soal PG/Isian/Uraian No Soal 1. 3.3 Menelaah keberagaman sos